Jumat, 27 Januari 2017

Tips Jitu Menghafal Ayat Al Quran yang Mirip

               

Saya mempunyai seorang teman saat masih mondok dulu berjuang kala menghapal al-Quran. Dia berhenti menghapal di tengah jalan hanya karena satu alasan sederhana; ayat al-Quran banyak yang mirip. Memang lebih dari 6000 lebih ayat dalam mushaf al-Quran terdapat ratusan ayat mirip. Seorang yang berusaha menghapal al-Quran harus memiliki cara jitu dalam menghapal ayat mirip itu.

Cara terbaik untuk membedakan antara bacaan yang hampir sama atau biasa disebut mutasyabih adalah

pertama: membuka mushaf lalu membandingkan antara kedua ayat tersebut dan cermatilah perbedaan antara keduanya, kemudian buatlah tanda yang bisa untuk membedakan antara keduanya, dan jangan sungkan untuk menuliskannya.

Cara kedua: menulis ayat al-Quran, kemudian membaca masing-masing ayar al-Quran yang mirip tapi beda itu. tak perlu tegang. Semakin kita santai tapi serius, maka hafalan kita akan semakin kuat.

Ketiga: menghadapkan ayat-ayat al-Quran yang mirip tadi kepada seorang guru yang diakui hapalannya. Jika hal ini sulit, cukup merekamnya pada tape recorder, kemudian dengar ulang sambil melihat mushaf.

Keempat: jika menemukan ayat al-Quran yang mirip atau sama, baca ulang ayat yang sama itu meskipun bukan bagian dari target hapalan saat itu. misalnya Anda membaca jus 22. Di jus itu Anda menemukan ayat al-Quran mirip dengan yang ada di jus 18. Baca yang di jus 22 kemudian membaca juga yang dijus 18.
—-

Tak ada yang sulit selagi kita mempunyai keinginan kuat dan mau mencoba. Ayat al-Quran yang mirip memang memerlukan cara tersendiri untuk menghapalnya. Semoga tips di atas membantu Anda.
Yaa Allah..

Mudahkanlah bagi kami untuk menghafal kitab-Mu yang mulai ini,Berikanlah kekuatan pada hamba-Mu yang lemah ini untuk terus membaca Al quran baik siang maupun malam,
Tanamkanlah kecintaan terhadap Alquran melebihi cinta kami pada diri kami, dunia dan seisinya

Aamiin Yaa mujibassailin…

Link diskusi: https://www.facebook.com/groups/709798949038747/837811829570791/
(Rzl)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar